6 Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online Cepat dan Aman

Sekarang, sudah banyak sekali lembaga atau perbankkan yang memiliki aplikasi pinjaman online cepat langsung cair. Hal ini karena memang banyak juga calon nasabah atau peminjam yang membutuhkan.

Aplikasi pinjaman online cepat ini biasanya menawarkan kecepatan dan kepraktisan untuk pencairan dana. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai kelebihan, syarat, dan cara memilih aplikasi untuk pinjaman online berikut ini.

Pengertian Aplikasi Pinjaman Online

Aplikasi Pinjaman Online Cepat
Aplikasi Pinjaman Online Cepat

Pinjaman online sesuai namanya merupakan salah satu fasilitadimana Anda bisa mendapatkan pinjaman dana secara online dan lebih cepat cair.

Aplikasi pinjaman online cepat dan banyak juga yang aman karena sudah diawasi oleh OJK. sehingga proses peminjaman sampai pengembaliannya lebih aman dan tidak membahayakan calon peminjam dana.

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Cepat dan Aman

Aplikasi pinjaman online bunga rendah
Aplikasi pinjaman online bunga rendah

Semakin banyak nasabah atau pengguna, maka harus semakin cerdas, salah satunya adalah dengan menjatuhkan pilihan ke aplikasi satu ini.

Tetapi ada beberapa aplikasi pinjaman online cepat bodong atau ilegal yang bisa merugikan Anda. Berikut ini ada tips mudah untuk memilih aplikasi yang aman untuk pinjaman online, serta tentunya lebih cepat dalam pencairan dana.

• Pahami Jenis Pinjaman Online yang akan Anda Ambil

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami dahulu jenis pinjaman yang akan dilakukan. Contohnya saja ada pinjaman dengan tenor harian mulai 10 sampai dengan 30 hari.

Ada juga persyaratan pinjaman dengan cicilan yang ditawarkan seperti fintech yang memiliki jangka pendek di bawah 1 tahun. Ada juga pinjaman kepada merchant seperti di platform e-commerce yang biasanya menjadi salah satu pilihan aplikasi pinjaman online cepat cair tanpa ribet.

• Pilih Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar OJK

Aplikasi pinjaman online cepat belum tentu itu legal, Anda harus benar-benar teliti supaya bisa mendapatkan aplikasi pinjaman online yang benar-benar bebas dari penipuan.

Anda sebelumnya juga bisa melihat daftar tempat atau aplikasi pinjaman online resmi yang ada pada website AFPI. AFPI ini bertugas untuk menaungi semua perusahaan P2P yang sudah terdaftar memiliki izin OJK. jangan sampai termakan iming-iming pinjaman uang yang cepat cair tanpa syarat.

• Ketahui Biaya Pinjaman

Biaya pinjaman biasanya tidak hanya murni dana yang akan diberikan kepada Anda. jadi masih ada biaya timbul di muka seperti bunga, asuransi, biaya admin, provisi, dan lain sebagainya. Coba cek biaya tersebut atau bisa ditanyakan langsung di bagian FAQ.

Hampir semua aplikasi pinjaman online cepat akan memberikan biaya jaminan tambahan yang harus dibayarkan. Kemudian ada beberapa perusahaan fintech yang juga meminta peminjam biaya tambahan jika melunasi lebih cepat dari waktu jatuh tempo.

• Cek Keamanan Aplikasi

Perusahaan peminjaman biasanya memiliki keamanan berlapis pada aplikasinya seperti lolos audit untuk sertifikasi ISO tentang teknologi informasi, hal ini tentu saja memiliki tujuan untuk melindungi data para konsumen dan privasinya supaya tidak ada yang tersebar ke pihak luar.

Anda bisa cek keamanan dari aplikasi ini dengan melihat apakah ada logo tergembok pada bagian kiri atas halaman aplikasi.

• Pahami Kontrak yang Diberikan Ketika Meminjam

Tips selanjutnya dalam mengajukan pinjaman di tempat peminjaman online adalah dengan memahami kontrak yang diberikan. kalau ada yang masih kurang jelas, ada baiknya Anda tanyakan ke CS. Hal ini karena kontrak merupakan dasar hukum peminjaman yang akan dilakukan.

Jangan sampai isinya merugikan Anda sebagai calon peminjam dana. Meskipun dana dari aplikasi pinjaman online cepat cair, pastikan isinya juga masuk akal supaya bisa dipatuhi selama menjadi peminjam dana.

• Kecepatan Pencairan

Sebenarnya untuk jaminan jarak waktu di aplikasi pinjaman online cepat cair 5 menit atau lebih ini tergantung dari perusahaannya. Ada bahkan yang lebih lama sampai dengan 1 minggu.

Anda harus menanyakan kejelasan dari klaim janji kecepatannya. Biasanya kalau semua data administrasi sudah terpenuhi, pinjaman akan segera cair sehingga Anda tidak perlu menunggu lama lagi.

Syarat yang Harus Dipenuhi Supaya Pinjaman Online Cepat Cair

Pinjaman online terpercaya ojk
Pinjaman online terpercaya ojk

Setelah mengetahui cara meminjam untuk mendapatkan dana aplikasi pinjaman online cepat , ternyata ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Tentunya, syarat ini salah satu kunci pinjaman Anda disetujui oleh pihak perusahaan peminjaman online. Simak syarat-syaratnya berikut ini.

• Melengkapi Dokumen dan Persyaratan yang Diminta

Supaya bisa mendapatkan ACC peminjaman dari aplikasi pinjaman online cepat, Anda harus benar-benar teliti dalam melengkapi dokumen dan persyaratan yang diminta oleh perusahaan.

Contohnya seperti usia minimal dan maksimal. Setiap perusahaan memiliki batas usianya sendiri, tetapi rata-rata adalah usia 21 – 60 tahun. Tentunya ini dibuktikan dengan kartu tanda pengenal yang masih berlaku. Selain itu, isi juga form yang diberikan oleh aplikasi peminjaman dengan kontak yang masih aktif digunakan.

• Coba Lampirkan Slip Gaji

Salah satu cara untuk mempercepat persetujuan pencairan dana dari perusahaan pinjaman online adalah dengan melampirkan slip gaji.

Usahakan melampirkan slip gaji terbaru untuk bukti bahwa Anda bisa membayar cicilan pinjaman online yang akan dibebankan kepada Anda. kalua Anda bekerja sebagai freelancer, bisa melampirkan dakta buku rekening tabungan yang mencantumkan transfer gaji yang telah Anda terima.

• Pinjaman Online Terdaftar di OJK

Berdasarkan ulasan sebelumnya bahwa Anda harus meminjam di aplikasi pinjaman online cepat dapat dana. Hal ini karena OJK akan berperan melindungi Anda dari dana yang seret. OJK akan memberi rentang waktu yang harus dipenuhi oleh pihak perusahaan pinjaman online. Cek saja di website OJK di www.ojk.go.id.

Kelebihan Melakukan Pinjaman Online

Peminjaman uang di aplikasi online merupakan salah satu jalan keluar untuk Anda yang membutuhkan dana cepat. Aplikasi pinjaman online memiliki beberapa kelebihan yang tidak bisa Anda dapatkan di peminjaman offline. Simak kelebihannya berikut ini.

• Suku Bunga Ringan

Oleh karena dilindungi dan diawasi oleh OJK, pihak pinjaman online yang legal tidak akan berani memberikan bunga tinggi kepada dana yang dipinjamkan kepada Anda. tinggal pilih saja berbagai variasi tenor dan limit yang telah disediakan oleh perusahaan.

• Pencairan Dana Cepat

Selain cara pengajuan di aplikasi pinjaman online cepat, pencairannya juga tergolong cepat. Input data yang dilakukan secara online juga memberikan andil persingkatan waktu pada pinjaman yang Anda ajukan.

Perusahaan juga lebih cepat dalam memberikan notifikasi ketika pengajuan telah disetujui. Ini sangat cocok untuk Anda yang mager atau jauh dari bank, pinjaman online tentunya terasa lebih praktis bukan?

Itulah beberapa syarat dan cara mendapat dana di aplikasi pinjaman online cepat yang bisa Anda ikuti. Banyak kelebihan yang bisa didapatkan ketika Anda memilih mengajukan peminjaman dana secara online seperti pencairan lebih cepat, suku bunganya ringan dan pencairan juga lebih cepat didapat.

Hal penting yang harus selalu Anda teliti adalah cek perusahaan pinjaman online tersebut di OJK, apakah terdaftar atau tidak.

error: Content is protected !!